Jangan Ngaku Gamer Kalau Belum Coba 8 Game MMORPG Online Terbaik PC & Mobile

Game Android, Game PC

Putragamer.com – MMORPG adalah salah satu genre game yang sangat disukai dan populer di kalangan para gamer. MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) merupakan genre yang dapat membuat para pemain mengontrol karakter game yang ia mainkan berpetualang sesuka hati di dunia game.
Selain dapat membuat para pemainnya bertualang di dunia game, genre MMORPG ini juga bisa membuat para gamers berinteraksi dengan gamers lainnya secara online. seiring berjalannya waktu semakin banyak game bergenre MMORPG bermunculan dan biasanya dimainkan secara online melalui perangkat PC.
Namun, sekarang tidak hanya di perangkat PC, game MMORPG pun sudah banyak bermunculan untuk perangkat mobile. Seperti daftar game MMORPG yang akan saya rekomendasikan untuk Anda sekarang.

8 Game MMORPG Online PC & Mobile

1. Ragnarok Online


Sepertinya untuk game yang satu ini tidak perlu menjelaskan terlalu banyak. Karena diantara Anda pasti memiliki banyak kenangan dan memori indah dalam game MMORPG keren ini.
Bahkan sampai saat ini Ragnarok Online masih menjadi sebuah MMORPG dengan pertempuran paling cepat, baik PVE maupun PVP. Boss monster yang disebut MVP jauh lebih mudah tewas dari pada MMORPG lain, dan sebaliknya juga jauh (benar-benar jauh) lebih mudah membunuh para pemain.
War of Emperium (WOE) adalah salah satu fitur yang sampai sekarang menjadi daya utama dari game ini, yang memungkinkan semua guild dapat berpartisipasi untuk berusaha menguasai kastil secara battle royale. Puluhan guild bisa berada dalam satu kastil dan saling berperang untuk menguasai emperium, sang tahta kerajaan. Ragnarok Online di Indonesia masih sangat ramai hingga sekarang yang saya tahu ini adalah MMORPG Indonesia tertua yang masih bertahan.

2. Guild Wars 2


Guild Wars 2 adalah game MMORPG yang dikembangkan oleh ArenaNet, yang merupakan salah satu game MMORPG terpopuler dari tahun 2012, meskipun pada awalnya memiliki model B2P (Buy-to-Play). sekarang Guild Wars 2 dibuka dan bisa dimainkan secara gratis dengan tambahan microtransactions di dalamnya.
Baca Juga : 14 Deretan Game Online Paling Diminati di Indonesia

3. TERA Online


Game TERA adalah MMORPG berasal dari kore yang dikembangkan oleh BlueHole inc dan En Masse Entertainment. MMORPG ini dapat dimainkan gratis dan layaknya BDO, halaman Steam TERA Online hanya bisa diakses oleh gamer Indonesia menggunakan VPN. Sampai saat ini, TERA masih menjadi MMORPG Open World yang laris dan ramai.

4. Blade and Soul


Blade and Soul adalah game MMORPG yang dikembangkan oleh NCsoft. Game ini bercerita tentang dunia persilatan atau martial-arts bahkan game ini disebut sebagai martial-arts MMORPG karena gameplay berbeda dari MMORPG pada umumnya.
Saat ini Blade and Soul menjadi salah satu dari MMORPG yang paling populer oleh para gamer MMORPG. Awal dirilis oleh pihak garena thailand, banyak gamer terutama dari Asia Tenggara berpindah ke server tersebut.
Baca Juga : 8 Game Online Indonesia Dengan Grafik Super Keren

5. Toram Online


Game ini sangat cocok buat Anda yang suka main MMORPG sekaligus nonton anime. Selain itu, Toram Online juga cocok buat Anda yang suka kebebeasan, Pasalnya, game ini benar-benar fleksibel. Anda bisa mengembangkan karakter dan permaian sesuka hati. Misalnya aja kustomisasi karakter yang terdapat banyak pilihan. Makanya, kalau Anda adalah tipe gamers yang avatar sentris, Toram Online tidak akan mengecewakan Anda.
Fleksibilitas Toram Online gak selesai begitu saja. Dari segi gameplay, game ini menyuguhkan mekanisme yang anti-mainstream untuk ukuran MMORPG. Pada awal permainan, Anda tidak akan memilih kelas atau ras.
Anda dapat menciptakan dan memilih sendiri gaya bermain karakter Anda dengan mengombinasikan skill yang berbeda, atribut, dan senjata. Tidak cuma dari segi gameplay, Toram Online juga disukai karena mempunyai cerita yang sangat mendalam. Jalan cerita game ini sendiri dilengkapi dengan beragam cutscene bersama dengan dialog yang menarik.

6. Revelation Online


Revelation online merupakan salah satu game MMORPG untuk perangkat PC yang saat ini terbilang sangat populer ditengah gempuran game-game bertemakan esport. Revelation Online dikembangkan oleh NetEase. Sebuah game yang mengusung tema Action MMORPG seperti Blade And Soul dengan balutan grafis fantastis serta fitur lengkap.
Baca Juga : 8 Game Online Indonesia Terbaik dan Menantang! Dijamin Menarik

7. Black Desert


Para penggemar game bergenre MMORPG pasti sudah tidak asing lagi dengan game yang satu ini. Black Desert Online, setelah sukses dari versi PC-nya.Mengagetkan para penggemar Black Desert Online, Pearl Abyss luncurkan teaser trailer versi mobile MMORPG Black Desert ini diberinama Black Desert Online Mobile. Mungkin banyak yang mengira kualitas grafik pada game mobile Black Desert ini akan mengalami penurunan.
Nyatanya, hal tersebut tidak seusai dengan perkiraan. Terlihat dari trailer gamenya, Black Desert Online Mobile ini memiliki grafik yang tajam dan menakjubkan layaknya versi PC meskipun terdapat sedikit perbedaan dari versi PC-nya.
Selain grafiknya yang menawan dan hampir mirip dengan versi PC-nya, game Black Desert Online Mobile ini akan tetap mengusung tema MMORPG serupa versi PC dengan dilengkapi dsistem PVP dan WORLD BOSS.

8. Lineage2 Revolution


Lineage2 pertama kali diluncurkan pada game kelas PC, dan kini sudah tersedia di mobile dengan kualitas yang sangat bagus. Tampilan permainan yang disediakan pun akan membuat Anda tak bosan terus bermain.
Lineage2 Revolution juga menggunakan Unreal 4 Engine, dimana visualisasi gameplay yang dihadirkan memiliki detail yang baik, dan memanjakan mata Anda sebagai gamer mobile.

No comments

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();